Konveksi Kaos Murah Depok : Mengenal Bahan Kaos Sintetis

Sunday, July 23rd 2017. | konveksi kaos depok

Semangat cerita teman-teman semuanya. kalau kita berbicara mengenai kaos, konveksi, dan fashion pasti tidak lepas dari komponen utama, yaitu bahan. Bahan adalah hal utama yang dibutuhkan saat kita membuat kaos maupun pakaian jenis lainnya. Melihat kondisi tersebut, bisa diartikan bahwa bahan memiliki peranan yang sangat penting. Yang nantinya akan mempengaruhi kualitas ataupun harga.

Berdasarkan dari apa yang kita pakai, lihat dan dengar. Sekarang ini ada banyak sekali pilihan untuk jenis bahan kaos. Jadi di toko-toko kita bisa mendapatkan banyak pilihan jenis bahan kaos. Yang nantinya bisa menyesuaikan dengan apa yang mau dibuat, biaya dan sebagainya.

Secara umum, bahan kain kaos yang lazim digunakan terbagi menjadi dua: bahan kain kaos organik dan bahan kain kaos sintesis. Bahan kain kaos organik adalah bahan kaos yang kandungan bahan utamanya berasal dari alam. Biasanya bahan utama kain tersebut berasal dari kapas yang kemudian diolah menjadi katun.

Bahan dari alam ini lebih sering kita dengan dengan istilah bahan katun 100%. Yang mana bahannya terbuat dari kapas alam. Dan berdasarkan jenisnya, bahan katun juga di bagi menjadi dua, yaitu katun combedd dan katun carded.

Konveksi Kaos Murah Depok : Jenis Bahan Kaos Sintetis

Kembali ke topik, Untuk bahan kain kaos sintesis itu sendiri mengandung campuran kimiawi dan minyak bumi yang diproses sedemikian rupa, sehingga menghasilkan bahan kain kaos varian baru. Biasanya bahan sintesis kerap diandalkan dalam produksi kaos untuk keperluan aktifitas olahraga atau aktifitas lapangan.

konveksi kaos murah depok

Seperti untuk seragam olahraga sekolah, seragam bola, seragam futsal, maupun jenis olahraga lainnya. Yang mana hampir semuanya menggunakan jenis bahan kaos sintetis.

Bahan sintesis juga muncul sebagai salah satu solusi untuk menurunkan angka global warming yang semakin mengkhawatirkan. Di Indonesia, beberapa campuran bahan sintesis sering dimaksimalkan produsen konveksi kaos untuk berbagai keperluan seperti kampanye, konser, olahraga, dan berbagai aktifitas lapangan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai jenis bahan kaos sintetis, bisa simak artikel berikut :

Polyester (PE)
Sesuai namanya, Polyester merupakan bahan serat sintetis yang terbuat dari bahan ester. Ester merupakan hasil sampingan minyak bumi dan diolah menjadi bahan serat bernama Fiberpoly. Polyester biasa digunakan sebagai bahan kaos untuk aktifitas lapangan.

Karena sifat bahan dasarnya adalah plastik (fiber), kain jenis ini cenderung lebih elastis, tipis, serta kurang maksimal menyerap keringat sehingga kurang cocok untuk penggunaan rumahan. Kebanyakan produsen konveksi kaos awam menganggap bahan polyester adalah bahan yang dibuat khusus untuk kebutuhan kaos murah, promosi dan olahraga.

Padahal jika ditelusuri, justru banyak jersey golf mahal yang menggunakan bahan polyester. Namun bedanya, polyester yang dipakai adalah jenis premium yang merupakan hasil olahan terbaik. Selain golf, bahan polyester juga kerap ditemukan pada jersey olahraga lainnya.

Viscose
Bisa dibilang, Viscose merupakan bahan campuran organik dan sintesis yang terbaik dan termurah yang pernah ada. Bahan Kain Viscose merupakan bahan yang terbuat dari serat kayu (Eucalyptus; sejenis pohon pinus) yang dipadu dengan bahan serat sintesa celulosa organic sehingga menghasilkan bahan kain yang licin dan lembut.

Bahan Viscose juga biasa dikenal dengan sebutan rayon. Teksturnya memiliki kesamaan dengan tekstur kapas. Viscose biasanya digunakan untuk menambahkan kenyamanan pada serat sintesis juga menambah kecerahan warna. Serat Viscose mempunyai tahanan kelembaban yang lebih tinggi, kecemerlangan warna yang lebih baik dan lebih lembut dibanding kapas. Bahan Viscose berkarakter licin dan jatuh, sehingga tidak kaku dan sukar dilipat.

Meskipun sekilas terlihat sempurna, namun Viscose punya kelemahan. Bahan kain Viscose tidak bisa direndam deterjen dengan durasi lebih dari satu jam. Selain itu, bahan Viscose juga haram untuk disikat karena bisa mengakibatkan ‘brudul’ pada bahan kain.

Hyget
Jenis bahan ini terbuat dari plastik dan berkarakter sangat tipis. Bisa dibilang bahan Hyget murni merupakan kelas terendah dari semua bahan kaos sintetis yang ada. Karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan jenis bahan yang lain, jenis bahan ini sering dipakai untuk produksi kaos jumlah massal dengan dana yang minim. Misalnya untuk membuat seragam promosi maupun seragam partai politik untuk keperluan kampanye.

Walaupun tergolong bahan paling murah dan tipis, ternyata Hyget punya ‘saudara’ bahannya yang punya nasib lebih baik. Terdapat jenis Super Hyget yang merupakan pengembangan olahan dari bahan Hyget murni.

Secara kandungan, bahan Super Hyget tidak berbeda dari bahan Hyget murni. Namun Super Hyget memiliki rajutan dan pori yang lebih user friendly, sehingga mampu menyerap keringat lebih maksimal. Bahan Super Hyget merupakan salah satu bahan andalan yang biasa digunakan konveksi kaos untuk memproduksi jersey sepak bola atau futsal.

Konveksi Kaos Murah Depok : Review Bahan Kaos Sintetis

Dari uraian diatas setidaknya ada tiga jenis bahan sintetis yang kita bahas. Pertama adalah bahan polyster, lalu ada bahan viscose dan terakhir adalah bahan hyget. Masing-masing dari ketiga jenis bahan sintetis tersebut memilki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Yang nantinya teman-teman, bapak/ibu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kaos yang mau dibuat, khususnya dari segi budget atau anggaran. Kalau dari segi harga bahan hyget bisa dikatakan sebagai bahan sintetis yang memiliki harga terendah. Lalu disusul oleh bahan sintetis polyster. Dan harga bahan sintetis yang harganya cukup lumayan adalah bahan jenis viscose.

Anda sedang membaca Konveksi Kaos Murah Depok : Mengenal Bahan Kaos Sintetis

Bahan viscose ini merupakan perpaduan antara bahan sintetis dan bahan alam. Sehingga menghasilkan bahan yang lebih lembut, jatuh dan tidak mudah susut. Tapi teman-teman perlu ingat, hindari untuk perendaman pakaian yang lebih dari satu jam, dan jangan sampai saat pencuciannya di sikat. Nantinya akan berpengaruh terhadap tekstur kaos yang menjadi berbulu. Untuk kaos proses pencuciannya di rendam sebentar atau langsung di cuci pakai sabun juga sudah sangat cukup.

Sementara itu yang bisa kami sampaikan, semoga informasi mengenai mengenal jenis bahan kaos sintetis ini bermanfaat, dan menambah wawasan kita semuanya.

Terima kasih

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Artikel lain Konveksi Kaos Murah Depok : Mengenal Bahan Kaos Sintetis